Tingkatkan Kapasitas Kewirausahaan Alumni Dan Mahasiswa

By Kampus II Poltekkes Kemenkes Malang, Jl. A.Yani Sumber Porong, Lawang, Kabupaten Malang 26 Sep 2023, 13:53:42 WIB Kegiatan Kampus
Tingkatkan Kapasitas Kewirausahaan Alumni Dan Mahasiswa

PRODI D3 KEPERAWATAN MALANG TINGKATKAN KAPASITAS KEWIRAUSAHAAN ALUMNI DAN MAHASISWA MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT PELATIHAN BEKAM

Penyakit Tidak Menular (PTM) masih menjadi permasalahan kesehatan utama di dunia Maupun di Indonesia. Hipertensi dan hiperkolesterolemia merupakan faktor predisposisi yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, dianjurkan untuk melakukan modifikasi pola makan, aktivitas fisik, dan terapi farmakologi maupun nonfarmakologi. Salah satu pilihan terapi alternatif non farmakologis tersebut adalah terapi bekam basah (wet cupping therapy).

Prodi D3 Keperawatan Malang, merupakan salah satu Program Studi di lingkup Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang. Prodi ini memiliki visi menjadi Program Studi Keperawatan Yang Beradab dan Berdaya Saing Global Dalam Upaya Promotif dan Preventif Pada Penyakit Tidak Menular (PTM). Melalui visi ini Prodi D3 Keperawatan Malang diharapkan mampu mencetak mahasiswa dengan keunggulan yang lebih baik dalam menangani PTM.

 

Terapi bekam yang telah telah lama dipraktikkan sepanjang sejarah manusia. Saat ini telah banyak bukti ilmiah yang mendukungnya, sehingga perlu menjadi salah satu keterampilan yang dapat dibekalkan kepada mahasiswa untuk melengkapi kemampuan dalam mengelola penderita PTM. Dalam bidang keperawatan terapi bekam juga tercantum dalam Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI) sebagai salah satu bentuk terapi yang dapat diimplementasikan dalam asuhan keperawatan. Menurut Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) Teknik bekam, kini telah dimodernkan  dan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah dengan menggunakan alat yang praktis dan tata cara yang lebih hygienis dan efektif.

 Selaras dengan problem PTM,  evidence base ilmiah tentang bekam dan kebutuhan berwirausaha bagi lulusan perawat. maka salah satu tim pengabdian masyarakat Prodi DIII Keperawatan Malang, Poltekkes Kemenkes Malang menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat Pengelolaan PTM Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bekam Untuk Mahasiswa Dan Alumni D3 Keperawatan Malang Polkesma .

 Pelatihan ini dilaksanakan di Kampus 2 Lawang Poltekkes Kemenkes Malang, diikuti 5 alumni  dan 6 Mahasiswa. Peserta mengikuti dengan antusias. Feni Dewanti salah satu peserta kegiatan

Mengatakan sangat senang bisa ikut mempelajari prosedur bekam ini.  “Saya siap mempraktekkan keterampilan yang sudah saya dapat ini”, ujarnya

 

Tujuan kegiatan untuk membekali mahasiswa dengan skill terapi nonfarmakologis Bekam, Menyiapkan calon perawat dengan pengetahuan kewirausahaan, dan  Turut andil dalam meningkatkan calon perawat dalam promotif,preventif,kuratif dan rehabilitatif Penyakit Tidak Menular (PTM).

 Pada pengabdian masyarakat ini  juga telah terbentuk terbentuk Komunitas Hijamah Polkesma (Kohima) sebagai kelanjutan kegiatan pelatihan. Diharapkan Kohima dapat menjadi tempat belajar bersama dan menjadi wadah aksi sosial untuk menyehatkan masyarakat melalui terapi bekam.

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment